Selasa, 27 Maret 2018

Definisi Web Science, Sejarah dan Pengelolaan Web


Definisi Web Science, Sejarah dan Pengelolaan Web

Image result for web 
            Dari beberapa sumber yang saya lihat, Web Science terdiri atas kata “Web” dan kata “Science”, dimana kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Berikut merupakan penjelasan dari definisi kedua kata tersebut sehingga dapat membentuk suatu istilah baru yang disebut dengan “Web Science”.Pengertian dari Website atau Situs adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupu gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Sedangkan Science adalah segaa sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan yang dapat berupa informasi lisan maupun tulisan yang dapat memberikan manfaat. Jadi Web Science adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pemanfaatan dari sebuah web yang diperoleh dari sumber yang akurat.

Web Science merupakan inovasi baru yang diciptakan oleh seorang bernama Tim Berners-Lee yang mensupport dari berdirinya cabang ilmu ini. Tim Berners-Lee juga seorang penemu World Wide Web. Web Science yang dalam bahasa Indonesia berarti jaringan pengetahuan atau dapat diartikan bahwa suatu web yang menyediakan berbagai ilmu pengetahuan didalamnya dan menjadikan wadah / tempat terdapatnya ilmu pengetahuan tersebut. Web science juga dapat melakukan penelitian lintas disiplin dan menjelajah ke berbagai bidang yang sangat khusus di dalam disiplin ilmu. Dalam definisi di jelasakan bahwa web science dapat menyediakan berbagai ilmu pengetahuan, tentunya dalam ilmu pengetahuan terdapat berbagai macam kegunaan diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Dapat mencari artikel yang berdampak tinggi dan prosiding konferensi.
  2. Dapat menemukan hasil yang relevan dalam bidang-bidang terkait.
  3. Dapat mengidentifikasi potensi kolaborator dengan catatan rujukan signifikan.
  4. Dapat mengintegrasikan, mencari, menulis, dan bibliografi penciptaan menjadi satu proses yang efisien.


Sejarah Web

WWW merupakan sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada th 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. untuk itu, ia mengembangkan suatu sistem untuk kepentingan pribadi. 

Sistem itu yaitu program perangkat lunak yang diberi nama Enquire.

Dengan program itu, Berners-Lee sukses membuat jaringan yang menauntukan berbagai arsip maka memudahkan pencarian informasirmasi yangdibutuhkan. Inilah yang nanti jadi dasar dari suatu perkembangan pesatyang dikenal sebagai WWW.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN : Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada thn 1989 Berners-lee menciptakan pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, selanjutnya pada bln Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas th 1991, WWW secara resmi dipakai secara luas pada jaringan Internet.


Pengelolaan Web

          Sebuah web browser adalah program perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari Internet. 

Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang mudah digunakan, cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web.

Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. 

Reff
http://www.pintarkomputer.org/2015/10/pengertian-web-sejarah-web-dan-cara-kerja-web.html

0 komentar:

Posting Komentar