Jumat, 30 Desember 2016

Mengapa Ilmu Sosial Dasar masih dibutuhkan oleh mahasiswa

MAKALAH

ILMU SOSIAL DASAR


Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
Dosen Pembimbing: Emilianshah Bandowo
Disusun oleh:
Febri Andika ( 52416745 )

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016

KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah pentingnya ilmu social dasar bagi mahasiswa.

    Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
    
    Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
    
    Akhir kata kami berharap semoga makalah pentingnya ilmu social dasar bagi mahasiswa ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
    
                                                                                      Depok, 11 Oktober 2016



    
                                                                                              Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Akhir-akhir ini banyak universitas-universitas di Indonesia sudah mulai menerapkan ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah softskill. Apa itu softskill? Softskill adalah suatu kemampuan yang akan didapat oleh siswa dalam hal hubungan antar sesama dalam kehidupan sehari-sehari. Melalui softskill ini diharapkan juga para mahasiswa untuk bisa bergaul dengan benar dan baik terhadap lingkungan sekitarnya.
 Nah, muncul lagi sebuah pertanyaan seperti ini: Kenapa sih harus ada yang namanya mata kuliah ilmu sosial dasar ini? Kompetensi apa yang diharapkan melalui mata kuliah ini? Sebelum kita menjawab lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui tujuan dari ilmu sosial dasar itu sendiri. Tujuan yang paling utama atau kompetensi yang diharapkan ketika mempelajari ini adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum kepada mahasiswa tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitarnya. 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.
1.      Kenapa mata kuliah SD masih diperlukan oleh mahasiswa?
2.      Apa pentingnya mata kuliah SD bagi mahasiswa?





BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.






B.     Tujuan

Ilmu Sosial Dasar sudah menjadi salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Nah, jadi jangan memandang kalau mata kuliah ini tidak berbobot, tetapi lihatlah dampak yang akan ditimbulkan apabila kita mempelajari ini di dalam perkuliahan. Jika kita mempelajari dan mempraktekkan dengan sungguh-sungguh mata kuliah ini, maka kita dapa memiliki tingkat kepekaan social yang tinggi terhadap lingkungan sosialnya. Selain itu, kita bisa memiliki kepedulian sosial dalam menerapkan ilmunya di dalam masyarakat. Sangat penting sekali bukan? Kita adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup dengan hanya sendirian saja. Kita perlu bersosialisasi dengan orang lain juga. Oleh sebab itu, ktia harus mempelajari kehidupan sosial di tengah-tengah dunia ini seperti apa dan bagaimana cara kita untuk dapat menjaga hubungan sosial ini tetap harmonis dan baik.

B.     Saran
Nah, sebaiknya ilmu ini jangan hanya dipakai saat menjadi mahasiswa, tetapi setelah luluspun tetap dipraktekkan untuk masyarakat. Jangan hanya dipelajari tapi juga dipraktekkan.








DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar